cara membuat blog
Tips Membackup Blog Secara Online
Facebook
Twitter
RSS
gplus

Tips Membackup Blog Secara Online

Mungkin sobat pernah mendengar berita beberapa bulan yang lalu salah satu blogger senior indonesia mengalami hal yang cukup menyedihkan yaitu blog miliknya yang di blogger.com (blogspot) tiba-tiba terkena banned oleh pihak blogger.com. Sangat di sayangkan sekali memang, blog yang sudah di tata sedemikin rupa dan telah memperoleh trafik yang sangat tinggi tiba-tiba harus hilang dari kendali pemiliknya. Bagaimana apabila itu terjadi pada blog kita? mudah-mudahan jangan sampai terjadi. Namun walaupun kita semua berharap semua itu tidak terjadi, tetap saja kemungkinan untuk terjadi tetap ada. Kenapa bisa demikian? jawaban yang sederhana adalah kita hanyalah Numpang di tempatnya orang lain yaitu pihak Blogger.com.


Selaku pihak yang menumpang tentu saja kita harus sadar betul bahwa apabila sewaktu-waktu sang pemilik tempat (blogger.com) tidak lagi berkenan untuk menampung kita di tempatnya, kita harus berbesar hati untuk melangkahkan kaki kita ketempat lain yang masih sudi untuk menampung kita. Terdengar sedikit menyedihkan memang, akan tetapi itulah fakta yang ada. Jika semua itu tidak ingin terjadi, silahkan untuk membeli rumah sendiri.

Apa yang paling menyedihkan apabila account kita di banned oleh pihak blogger.com? menurut saya sendiri adalah artikel-artikel yang telah kita buat dengan susah payah serta telah mengorbankan waktu yang sangat banyak harus hilang seketika entah kemana. Okelah, apabila seandainya artikel yang telah kita posting di blog hanyalah tiga atau empat artikel saja mungkin tidak akan terlalu menimbulkan kekecewaan, namun bagaimana apabila artikel kita sudah mencapai puluhan atau ratusan atau bahkan sudah ribuan jumlahnya, tentu ini merupakan hal yang cukup serius untuk di pikirkan.

Pertanyaan yang mungkin timbul adalah bagaimana cara menyelamatkan artikel-artikel kita apabila seandainya hal buruk tadi menimpa kita? jawaban yang mudah di tebak adalah kita harus sesering mungkin untuk membuatkan backup artikel-artikel tersebut. Untuk membuatkan backup data pada komputer, rasanya tidak perlu lagi di bahas karena saya yakin semuanya pasti telah mengetahui caranya. Mem backup data melalui komputer di rumah kita, hal ini sering kali di sebut dengan backup data secara Offline. Yang mau saya bahas kali ini adalah bagaimana cara membackup artikel-artikel kita yang telah di posting secara Online.

Untuk backup artikel secara Online tentunya banyak sekali cara yang bisa di tempuh, namun tentunya tidak akan saya bahas semua. Dari sekian banyak cara backup secara Online, diantaranya yaitu melalui Blog wordpress, Google Reader, serta Blog Multiply. Dari ketiga cara tersebut yang akan saya bahas secara rinci adalah melalui Blog wordpress karena diantara penyedia layanan gratis paling terkenal selain Blogger.com adalah wordpress.com.

  • Backup Online di Wordpress.com


  • Di wordpress.com, selain kita memposting artikel seperti halnya di blogger.com, ada fasilitas untuk memasukan seluruh artikel yang telah diposting di account blogger melalui fasilitas Impor. Dengan fasilitas impor ini, sobat hanya menekan satu tombol untuk import maka seluruh artikel yang telah di posting di blogger termasuk juga komentar-komentarnya akan secara otomatis di masukan ke dalam account blogger untuk di tampilkan di blog sobat yang di wordpress. Untuk melakukan proses import di wordpress.com, langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentunya sobat harus mempunyai sebuah account wordpress. Bagi yang belum mempunyai account di wordpress, silahkan daftar dulu sendiri di sini !. Tentang cara-cara daftar, saya yakin sobat sudah bisa melakukannya. Sekarang saya anggap sobat sudah mempunyai sebuah account di wordpress. Untuk cara membackup artikel sobat yang ada di blogger.com/blogspot ke wordpress, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

    1. Silahkan login dulu di wordpress dengan id sobat


    2. Apabila sobat masih menggunakan bahasa inggris, saya sarankan untuk mengubahnya ke bahasa indonesia agar lebih nyambung dengan yang akan saya bahas. Silahkan perhatikan ke sebelah atas, klik tulisan My dashboard, kemudian klik Users, lalu klik Your Profile. Arahkan perhatian ke bagian tengah layar monitor, lihat tulisan Interface Language. Disamping tulisan Interface Language ada menu dropdown, silahkan klik menudropdown tersebut lalu pilih yang Id - bahasa Indonesia. Yang terakhir klik tombol update Profile ». Sekarang dashboard sobat menjadi berbahasa indonesia.


    3. Klik menu Kelola.


    4. Klik sub menu bertuliskan Impor.


    5. Klik tulisan Blogger. Akan ada tulisan pengantar dari wordpress. Kemudian klik tombol Otorisasi.


    6. Setelah itu akan muncul panel untuk Login ke blogger.com. Silahkan login dulu di blogger dengan id sobat.


    7. Akan muncul peringatan dari Google Account, klik tombol Grant acces. Tunggu beberapa saat.


    8. Sobat akan masuk kembali ke panel wordpress. Apabila sobat mempunyai beberapa blog dalam satu account blogger, maka blog-blog tersebut seluruhnya akan di tampilkan. Pilih artikel blog mana yang mau di impor. Klik tombol Impor yang berada di sebelah kanan yang sejajar dengan judul blog yang mau di impor.


    9. Tunggu sampai proses impor selesai. Mungkin proses impor ini akan memakan waktu yang cukup lumayan lama, ini tergantung dari banyaknya artikel yang di impor dari blogger. Jika jumlah posting sudah sangat banyak, mungkin bisa memakan waktu lebih dari satu jam. Silahkan sobat minum kopi dulu untuk sekedar menunggu proses impor berlangsung


    10. Selesai.



    Sekarang sobat sudah mempunyai arsip blog secara online tanpa harus mempostingnya satu persatu. Sebuah catatan yang perlu di ketahui yaitu setiap sobat memposting artikel di blog sobat yang di blogger/blogspot maka tulisan tersebut tidak akan secara langsung di impor ke wordpress, oleh karena itu untuk backup artikel terbaru, sobat harus melakukan proses impor kembali seperti langkah-langkah di atas. satu hal yang boleh untuk di ketahui yaitu pada proses impor yang kedua atau ketiga atau yang selanjutnya, artikel yang telah di impor sebelumnya tidak akan di impor kembali sehingga tidak akan ada duplikasi artikel, sehingga proses impor yang kedua dan selanjutnya tidak akan memakan waktu yang lama seperti pada saat melakukan impor yang pertama.

    Bagaimana sobat, cukup menarik bukan? namun seperti yang saya sebut di atas bahwa artikel baru yang di posting di blogger tidak akan secara otomatis di impor, hal ini tentunya akan menuntut kita untuk bekerja lebih ekstra melakukan proses impor. Pertanyaan yang mungkin timbul yaitu apakah ada yang bisa secara otomatis melakukan backup? jawabannya ada. Kita hanya melakukannya sekali saja, untuk selanjutnya akan secara otomatis di backup. Fasilitan apa yang di gunakan? ini bisa di lakukan antara lain melalui Google Reader atau juga melalui blog yang ada di multiply.com. mau tahu caranya? di baca saja deh kelanjutan ceritanya.


  • Backup Online melalui Google Reader


  • Salah satu cara yang mengasikan dalam hal backup secara online menurut saya adalah melalui google Reader. Caranya sangat gampang yaitu jadilah pembaca dari blog kita sendiri melalui google reader. Jadi setiap kita posting artikel di blognya blogger, maka artikel tersebut akan secara langsung di kirim ke halaman google reader milik kita, lebih praktis daripada cara yang di wordpress. Tentang bagaimana menjadi feed reader melalui google reader, sudah pernah saya posting. Bagi yang masih bingung, silahkan baca kembali artikelnya di sini !.


  • Backup Online melalui Multiply.com


  • Cara praktis lainnya selain melalui Google reader adalah melalui blog di http://multiply.com. Seperti halnya di blog wordpress, di multiply.com ada fasilitas untuk import dari blogger, namun untuk multiply.com, setiap kita posting artikel di blogger, maka akan secara langsung muncul di blognya multiply.com. jadi untuk masalah backup data artikel blog, multiply lah yang tergolong yang paling tepat. Untuk caranya tidak akan saya bahas secara detail karena mata saya sudah sepet banget nih, hampir jam 12 malem waktunya untuk istirahat. Seperti biasa, bikin dulu account di multiply, kemudian cari yang untuk import.


    Mau melihat contoh contoh backup dari blog saya, silahkan bisa di kunjungi di sini! atau juga di sini!

    Tidur dulu ah, ngantuk banget nih!

    Description: Tips Membackup Blog Secara Online, Rating: 5

    Reviewer: Rohman, ItemReviewed: Tips Membackup Blog Secara Online

    0 komentar pada Tips Membackup Blog Secara Online :

    Poskan Komentar

    Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.