cara membuat blog
Tutorial software PopUp Generator
Facebook
Twitter
RSS
gplus

Tutorial software PopUp Generator

Sudah lama tidak posting tentang tutorial software yang disediakan oleh http://www.obralplus.com/?id=rohman serta oleh http://www.resepbisnis.com/?id=rohman bagi para anggotanya. Mau iseng-iseng mengulas tentang cara penggunaan dari software PopUp generator yang bisa di download di halaman member http://www.resepbisnis.com/?id=rohman.

Pernah mendengar tentang iklan popup di internet? sudah dipastikan sobat pernah mendengar istilah ini dan tentunya tidak perlu lagi saya ulas. Atau mungkin ada yang belum tahu? khusus bagi yang belum tahu sedikit akan saya ulas. Agar lebih mudah di mengerti saya beri sedikit gambaran. Mungkin sobat pernah mengunjungi situs di internet dan secara tiba-tiba muncul window baru (biasanya iklan situs) di layar monitor tanpa kita bermaksud untuk memanggil atau mengunjungi situs tersebut, dan window baru itulah yang di sebut dengan iklan dalam bentuk Popup, Fahamm ? (kata ustad sobat dalam film si entong begitu).


Banyak orang yang tidak menyukai akan iklan popup ini dengan berbagai alasan, diantaranya yaitu terkadang iklan yang muncul berupa gambar yang tidak enak di pandang mata alias kurang senonoh dan popup ini membuat koneksi internet menjadi sedikit lambat di karenakan jendela browser lebih dari satu, selain itu pula tidak jarang iklan popup sebagai sarana untuk menyusupkan berbagai virus ke komputer. Untuk mengatasi hal ini, banyak pengguna komputer menghidupkan fitur PopUp bloker pada browsernya.

Namun dengan berbagai alasan di atas, pada relitanya banyak sekali pemilik situs masih menggunakan iklan melalui popup dan dari alasan itu saya mengira iklan PupUp masih efektif untuk sarana beriklan. Nah.... bagi yang berminat untuk beriklan melalui PopUP, ada software yang sangat simpel dan praktis tapi sangat handal yaitu PopUp generator. Dengan menggunakan software ini, kita dapat membuat iklan PopUp dalam waktu dua setengah menit atau mungkin bisa kurang. Akan tetapi setelah saya melakukan serangkaian uji coba, script yang di hasilkan oleh software ini hanya berfungsi secara baik pada template blogger versi baru (XML), sedangkan untuk template klasik (html) saya masih belum bisa menerapkannya alias tidak bisa berfungsi secara baik.

Sudah jenuh dengan intermezo diatas dan ingin langsung ke topik bahasan tentang tutorial software ini? hmmmmm... kita langsung aja deh. Bagi sobat yang telah tergabung di resep bisnis, silahkan download dulu software ini di halaman member. Kapasitas data yang didownload tidaklah terlalu besar yakni sebesar 949kb dalam format file zip, setelah di download tentu saja harus di ekstrak terlebih dahulu dengan software winzip. Setelah di eksrtak, sobat akan menemukan beberapa file. Yang harus di jalankan adalah file Popup.exe, tidak perlu di install. setelah di jalankan, sobat akan melihat panel seperti ini :
PopUp gif
Dari tampilan panel diatas, terlihat ada beberapa tulisan. Nah...tulisan tersebut masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda, agar lebih jelas sedikit akan saya uraikan :

  • Function Name


  • Function name hanyalah sebagai penentu Function untuk javascript, secara default tertulis di sana popupgenerator, tulisan ini boleh di ubah sekehendak kita asal hanya satu kata tidak boleh ada spasi, atau bila tidak di ubahpun tidak apa-apa.

  • Popup Name


  • Hampir mirip dengan Function name, bisa di ubah bisa juga di biarkan sesuai defaultnya.

  • Dimensions


  • Dimension ini adalah untuk mengatur ukuran dari popup yang ingin di munculkan, satuan yang di pakai adalah pixel. Jadi sobat hanya perlu memberi tanda ceklis pada kotak di samping tulisan Popup Size, kemudian menuliskan ukuran dari window popup yang ingin di munculkan.

  • Fullscreen


  • Selain ukuran dimensi bisa kita atur, kitapun bisa menampilkan dalam satu layar penuh. Caranya dengan memberi tanda pada radio button di samping tulisan fullscreen.

  • Position


  • Apabila sobat berkeinginan ingin mengatur letak munculnya window popup, sobat hanya tinggal membubuhkan nilai koordinat dari layar monitor dalam satuan pixel.

    » "Top" berarti koordinat di hitung dari sebelah atas layar.
    » "Left" berarti koordinat di hitung dari sebelah kiri layar.

  • Options


  • Options ini memberikan kebebasan kepada kita untuk memilih mana yang akan kita pakai dengan cara memberi tanda ceklis pada kotak di samping tulisan yang tertera, yaitu antara lain :

    » Location Bar : bila hanya memilih ini, maka popup yang akan muncul pada window browsernya hanya mempunyai Location Bar saja.

    » Directories : window yang akan muncul hanya menampilkan Links dalam browser IE.

    » Menu Bar : hanya memunculkan teks dalam menu bar nya. Normalnya seperti : File, Edit, View, dan lain-lain.

    » Tool Bar : ini akan memunculkan Tool bar yang ada dalam browser seperti : Forward, back, Search, Home, serta yang lainnya.

    » Status Bar : dalam browser IE, dibagian bawah terdapat status bar untuk menampilkan alamat URL apabila mouse menyorot sebuah link.

    » Scroll bar : pilihan ini akan membuat popup yang tercipta mempunyai scroll bar.

    » Resizable : window pupup yang akan tercipta akan bisa di ubah, misal ingin di maximize atau di minimize.

    Dari berbagai options pilihan di atas, kita bisa memilih satu atau beberapa atau mungkin memilih semuanya.

  • URL of Window


  • Alamat URL yang tertera harus di ganti dengan alamat URL situs yang di tuju. Misal : http://www.resepbisnis.com/?=rohman.

  • Select Trigger


  • Ini akan menentukan bagaimana window popup itu akan muncul.

    » Standar Link : pilihan ini adalah seperti link biasa pada umumnya, yaitu ada sebuah link jika ada pengunjung yang meng klik nya, maka akan muncul window baru.

    » Form Button : seperti link biasa, akan tetapi dalam bentuk tombol.

    » When Page Loads : Pilihan ini agar window popup akan muncul secara otomatis ketika ada pengunjung yang datang mengunjungi blog sobat.

    » When Page Unloads : Windows popup akan muncul secara otomatis apabila ada pengunjung blog sobat yang menutup (meninggalkan) blog sobat, pilihan ini di rasa lebih baik karena window popup yang muncul tidak akan menggangu perhatian pengunjung terhadap blog sobat karena justru ketika pengunjung blog meninggalkan blog sobat, window popup nya baru akan muncul.

  • Location Of Window


  • Lokasi munculnya window pun dapat kita atur.

    » In front : window popup yang muncul akan keluar dan langsung berada di depan blog sobat. Sehingga blog sobat akan tertutup.

    » In Back : window yang muncul posisinya akan berada di belakang halaman blog sobat.

  • Days To Repeat Popup


  • Ada dua pilihan :

    » jika menuliskan angka "0" (nol) maka popup yang tampil akan selalu muncul setiap kali ada yang berkunjung walaupun pengunjung tersebut orangnya itu-itu juga.

    » jika menuliskan angka "999", maka popup yang tampil akan muncul hanya satu kali saja pada pengunjung yang sama. jadi orang yang pernah melihat popup sobat tidak akan melihatnya lagi dengan catatan pengunjung tersebut tidak melakukan delete Cookies.

  • 1.Generate Code


  • Tombol ini berfungsi untuk membuat kode apabila sobat telah selesai melakukan pengesetan tentang yang tadi di atas terangkan.

  • Reset


  • Tombol untuk reset agar kode yang sudah di generate menjadi kosong lagi.

  • 2.Test/View Popup


  • Tombol untuk melihat contoh window popup yang telah di buat.

  • 3.Get Code


  • Tombol untuk mendapatkan Javascript yang akan di pasang di blog.


    Sekilas tentang fitur-fitur yang ada di panel sudah cukup, semoga mudah untuk di mengerti.


    Sekarang tiba waktunya untuk beraksi yaitu menempatkan kode yang di hasilkan dari software ini ke blogger.com.

    » Langkah #1

    1. Jalankan software PopUp generatornya.


    2. Lakukan setting sesuai yang di inginkan.


    3. Klik tombol 1.Generate Code, kemudian klik tombol 3.Get Code. Akan muncul panel baru seperti gambar di bawah ini :
    4. panel kode popu generator
    5. Silahkan diamkan dulu untuk nanti keperluan di ambil kodenya.



    » Langkah #2

    1. Silahkan login di blogger dengan ID sobat.


    2. Klik Layout.


    3. Klik menu Edit HTML.


    4. Klik tulisan Download Template Lengkap. Silahkan save dulu untuk backup kode template, agar aman apabila terjadi kesalahan.


    5. Buka kembali panel kontrol dari software popup generator, yaitu panel yang ini :
    6. panel kode popup generator
    7. Klik pada tombol Grab Text yang bagian atas. Lalu klik kanan, pilih copy.


    8. Paste kode yang tadi di copy di atas kode </head> (pada kode template)



    9. Ada satu catatan penting yaitu sobat harus merubah kode yang bertuliskan :

      </script>

      Menjadi hurup kapital semua, yaitu seperti ini :

      </SCRIPT>


      Misalkan kode yang di dapat seperti ini :

      <SCRIPT LANGUAGE='JAVASCRIPT' TYPE='TEXT/JAVASCRIPT'>
      <!--
      /****************************************************
      Created With: PopupGenerator
      URL: http://www.popupgenerator.com
      ****************************************************/
      var win=null;
      function NewWindow(mypage,myname,w,h,pos,infocus){
      if(pos=="random"){myleft=(screen.width)?Math.floor(Math.random()*(screen.width-w)):100;mytop=(screen.height)?Math.floor(Math.random()*((screen.height-h)-75)):100;}
      if(pos=="center"){myleft=(screen.width)?(screen.width-w)/2:100;mytop=(screen.height)?(screen.height-h)/2:100;}
      else if((pos!='center' && pos!="random") || pos==null){myleft=0;mytop=20}
      settings="width=" + w + ",height=" + h + ",top=" + mytop + ",left=" + myleft + ",scrollbars=yes,location=yes,directories=yes,status=no,menubar=no,toolbar=no,resizable=yes";win=window.open(mypage,myname,settings);
      win.focus();}
      // -->
      </script>


      Maka kodenya di uabah menjadi seperti ini :

      <SCRIPT LANGUAGE='JAVASCRIPT' TYPE='TEXT/JAVASCRIPT'>
      <!--
      /****************************************************
      Created With: PopupGenerator
      URL: http://www.popupgenerator.com
      ****************************************************/
      var win=null;
      function NewWindow(mypage,myname,w,h,pos,infocus){
      if(pos=="random"){myleft=(screen.width)?Math.floor(Math.random()*(screen.width-w)):100;mytop=(screen.height)?Math.floor(Math.random()*((screen.height-h)-75)):100;}
      if(pos=="center"){myleft=(screen.width)?(screen.width-w)/2:100;mytop=(screen.height)?(screen.height-h)/2:100;}
      else if((pos!='center' && pos!="random") || pos==null){myleft=0;mytop=20}
      settings="width=" + w + ",height=" + h + ",top=" + mytop + ",left=" + myleft + ",scrollbars=yes,location=yes,directories=yes,status=no,menubar=no,toolbar=no,resizable=yes";win=window.open(mypage,myname,settings);
      win.focus();}
      // -->
      </SCRIPT>



    10. Cari kode pada template sobat yang seperti di bawah ini :


    11. <body>


    12. Buka kembali panel kontrol dari software popup generator, yaitu panel yang ini :
    13. panel kode popup generator
    14. Klik pada tombol Grab Text yang bagian bawah. Lalu klik kanan, pilih copy.


    15. Gantilah kode <body> dengan kode yang tadi di copy pada popup generator.


    16. misalkan kode <body> di ubah menjadi seperti ini :

      <body onLoad='NewWindow("http://www.resepbisnis.com/?id=rohman","iklan","640","480","center","front");'>



    17. Klik tombol SIMPAN TEMPLATE.


    18. Selesai. Silahkan lihatt bagaimana hasilnya.




    Apabila sobat ingin melihat contoh hasil dari yang tadi sya tulis, silahkan klik di sini ! dengan catatan untuk popup blocker nya di buka sementara.

    Selamat mencoba !

    Description: Tutorial software PopUp Generator, Rating: 5

    Reviewer: Rohman, ItemReviewed: Tutorial software PopUp Generator

    0 komentar pada Tutorial software PopUp Generator :

    Posting Komentar

    Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.