cara membuat blog
Tips SEO : Optimisasi Meta tag Keyword dan Deskripsi
Facebook
Twitter
RSS
gplus

Tips SEO : Optimisasi Meta tag Keyword dan Deskripsi

Jika beberapa hari yang lalu, sahabat kang rohman yaitu oom memberikan tips SEO (Search Engine Optimization) melalui Meta Title Tag, maka kang rohman pun mencoba berbagi tips SEO, namun tentu saja sedikit berbeda. Tips yang ingin kang rohman bagi adalah Tips SEO melalui Meta tag Keyword serta Meta tag Deskripsi. Kenapa meta tag keyword serta meta tag deskripsi perlu di optimisasi, jawabnya karena sering kali mesin Crawler Search engine terlebih dahulu menyambangi bagian ini di banding dengan bagian-bagian yang lain.

Trik dasar dari teknik ini adalah menambahkan Judul Blog ke dalam meta tag keyword dan meta tag deskripsi. Jika pada posting terdahulu kang rohman pernah memberi tips membuat meta tag seperti ini :


<meta name="description" content=" Deskripsi blog "/>

<meta name="keywords" content=" keyword 1, keyword 2, keyword 3, dst "/>


Contoh seperti ini :


<meta name="description" content=" Panduan praktis membuat blog di blogspot serta download ebook dan software secara gratis "/>
<meta name="keywords" content=" blog tutorial, tutorial blogspot, blogging tutorial, free download, free software, gratis, google adsense, template, favicon, javaScript tutorial, html tutorial, blog tutorial banner, technorati, banner, css "/>



Contoh di atas merupakan pemasangan meta tag yang umum di pakai. Untuk mengoptimalkannya kita sisipkan kode judul blog ( title blog ) ke dalam meta tag tersebut, sehingga kodenya akan menjadi seperti ini :


<meta expr:content='data:blog.pageTitle + " - Deskripsi blog"' name='description'/>

<meta expr:content='data:blog.pageTitle + ", keyword 1, keyword 2, keyword 3, dst"' name='keywords'/>


Contoh seperti ini :


<meta expr:content='data:blog.pageTitle + " - Panduan praktis membuat blog di blogspot serta download ebook dan software secara gratis"' name='description'/>

<meta expr:content='data:blog.pageTitle + ", blog tutorial, tutorial blogspot, blogging tutorial, free download, free software, gratis, google adsense, template, favicon, javaScript tutorial, html tutorial, blog tutorial banner, technorati, banner, css"' name='keywords'/>



Mudah-mudahan dengan meta tag seperti di atas dapat meningkatkan traffik ke blog anda. Sebagai perumpamaan yaitu ketika kang rohman menggunakan meta tag yang biasa, jumlah pengunjung blog ini sekitar 500 sampai 600 pengunjung. Setelah melakukan optimalisasi meta tag maka pengunjung blog kang rohman menjadi sekitar 800 sampai 1000 pengunjung. Silahkan lihat pada site meter yang kang rohman pakai (namun kemarin sempat mengalami penurunan beberapa hari akibat dari blogger tidak bisa di akses oleh pengguna ISP tertentu di indonesia).

Selain melakukan cara di atas, ada pula yang harus di perhatikan dalam hal membuat meta tag deskripsi atau keyword yaitu di antaranya :

  • Jangan terjadi duplikasi antara judul blog dengan deskripsi blog (kata-katanya sama).


  • Sebaiknya jumlah karakter keyword jangan lebih dari 500 katrakter.


  • Untuk jumlah keyword sebaiknya jangan lebih dari 20 keyword. Pemasangan keyword yang terlalu banyak bisa di anggap spam oleh seach engine.


  • Keyword yang di pasang sebaiknya berhubungan dengan isi dari postingan.


  • Lakukan analisa terhadap meta tag yang anda pasang. Untuk hal ini anda bisa menggunakan tool di internet secara gratis. Caranya gampang, ketik meta tag analyzer pada Google Search yang ada di bagian atas blog ini, kemudian klik Search lalu kunjungi situs yang tampil paling atas (karena situs yang diindex paling atas berarti SEO situs tersebut memang OK banget)


Sampai ketemu lagi pada tips SEO berikutnya.

Description: Tips SEO : Optimisasi Meta tag Keyword dan Deskripsi, Rating: 5

Reviewer: Rohman, ItemReviewed: Tips SEO : Optimisasi Meta tag Keyword dan Deskripsi

0 komentar pada Tips SEO : Optimisasi Meta tag Keyword dan Deskripsi :

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.