cara membuat blog
Mengenal Widget-Widget Wordpress
Facebook
Twitter
RSS
gplus

Mengenal Widget-Widget Wordpress

widget wordpress
Mengenal Widget-widget Wordpress – Bagi anda yang mempunyai blog menggunakan flatform Wordpress, mengetahui fungsi-fungsi berbagai widget ada adalah suatu keharusan, agar anda tidak menjadi bingung ketika menginginkan fungsi tertentu di blog anda padahal fungsi tersebut sudah ada dan tinggal memasangnya.

Dalam wordpress, terdapat begitu banyak widget yang memang sudah ada waktu pertama kali kita install wordpress (default), dan widget-widget tersebut akan bertambah seiring anda nanti memasang plugin atau theme tertentu. Namun, agar tidak terlalu melebar, kali ini Kang Rohman akan mengulas sedikit tentang fungsi-fungsi widget bawaan wordpress ( default widgets )

Mengenal Widget-widget Wordpress


Untuk mengenali fungsi widget yang ada, silahkan anda tuju terlebih dahulu halaman dashboard untuk widget :

  • Silahkan login ke dashboard wordpress anda.
  • Alihkan perhatian kesebelah kiri monitor, arahkan pointer mouse pada menu Appearance lalu pilih Widgets
  • Akan terlihat deretan widget yang tersedia yang siap anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

    widget wordpress


Berikut adalah ulasan singkat tentang fungsi-fungsi widget wordpress :

Akismet Widget

Akismet adalah plugin bawaan wordpress untuk mengantisipasi komentar spam. Fungsi dari widget akismet ini adalah untuk menampilkan berapa banyak jumlah komentar spam yang telah di blok oleh plugin tersebut. Berikut contoh tampilan widget akismet bila anda memasangnya di sidebar :

akismet widget

Categories 

Widget Categories berfungsi untuk menampilkan kategori blog anda, ini tentu bejalan secara otomatis. Apabila anda membuat kategori yang baru, tentu kategori tersebut akan otmatis di tampilkan. Berikut contoh tampilan widget Categories bila anda memasangnya di sidebar :

widget kategori

Links

Widget Link berfungsi untuk meanampilkan link disidebar. Untuk penggunaan widget ini secara lebih lengkap telah kang Rohman tulis pada artikel tentang cara pasang link di blog wordpress, silahkan anda baca artikel tersebut agar lebih terperinci. Berikut contoh tampilan widget Links bila anda memasangnya di sidebar :

widget links

Pages

Widget Pages adalah untuk menampilkan judul dari static pages atau laman statis yang ada di blog anda. Untuk membuat sebuah laman statis telah kang rohman tulis pada tutorial tentang cara membuat static pages pada wordpress. Berikut contoh tampilan widget Links bila anda memasangnya di sidebar :

widget pages

Recent Posts

Widget Recent Posts berguna untuk menampilkan artikel terbaru blog anda. Memasang Widget Recent Posts seringkali membuat pengunjung blog anda lebih berlama-lama membaca blog anda. Berikut contoh tampilan widget Recent Posts bila anda memasangnya di sidebar :

widget recent posts

Search

Widget Search berguna untuk manampilkan form pencarian di blog anda. Berikut contoh tampilan widget Search bila anda memasangnya di sidebar :


Text

Widget Text berguna untuk memasukan tulisan/teks di sidebar, namun widget inipun dapat juga digunakan untuk memasang Javascrip, misal script hitstat, sitemeter, shoutbox dan script lainnya. Berikut contoh tampilan widget Search bila anda memasangnya di sidebar :

widget text

Archives

Widget Archive berguna untuk menampilkan arsip dari blog anda. Berikut contoh tampilan widget Archive bila anda memasangnya di sidebar :

widget arsip wordpress

Calendar

Widget Calendar berfungsi untuk memasang kalender. Kalender tersebut berpatokan pada time zone blog anda, untuk pengaturan time zone telah di bahas pada panduan tentang cara setting menu general wordpress. Berikut contoh tampilan widget Calendar bila anda memasangnya di sidebar :

widget kalender

Custom Menu

Widget Custom Menu Berfungsi untuk menampilkan menu yang telah anda buat. Pembahasan lebih dalam mengenai Cara pembuatan custom menu Wordpress, silahkan anda baca artikel Cara membuat menu navigasi. Berikut contoh tampilan widget Custom Menu bila anda memasangnya di sidebar :

widget custom menu

Meta

Widget Meta berguna untuk menampilkan link admin, login/logout, RSS dan link ke wordpress.org. Berikut contoh tampilan widget Meta bila anda memasangnya di sidebar :

widget meta wordpress

Recent Comments

Widget Recent Comments adalah untuk menampilkan komentar terbaru yang masuk ke blog anda. Dengan meanampilkan widget ini, andapun bisa mengetahui apakah ada komentar baru yang masuk atau tidak, sehingga anda dapat membalas komentar tersebut dengan cepat bila anda memang perlu untuk membalasnya. Berikut contoh tampilan widget Recent Comments bila anda memasangnya di sidebar :

widget komentar terbaru

RSS

Widget RSS berfungsi untuk menampilkan judul post dari RSS blog yang anda inginkan. Misal, bila anda ingin memasang RSS blog kang rohman, anda tinggal memasukkan alamat RSS blog ini yaitu http://kolom-tutorial.blogspot.com/atom.xml pada widget tersebut. Berikut contoh tampilan widget RSS bila anda memasangnya di sidebar :

widget RSS wordpress

Tag Cloud

Widget Tag Cloud beguna untuk menampilkan tags atau kategori dalam bentuk Cloud (awan). Berikut contoh tampilan widget Tag Cloud bila anda memasangnya di sidebar :

widget tag cloud wordpress

Tadinya Kang Rohman berniat untuk membahas tentang cara memasang widget dan mengenai Inactive Widget, namun artikel ini akan terlalu panjang dan kurang nyaman untuk dibaca, jadi sepertinya pembahasan tersebut akan di bahas pada posting berikutnya.

Demikianlah panduan cara membuat blog menggunakan wordpress tentang Mengenal Widget-widget Wordpress. Apabila anda masih ada waktu dan berniat untuk membaca artikel yang lain, cobalah baca mengenai cara mengelola komentar pada wodress, sepertinya artikel tersebut lumayan menarik untuk dibaca.


Description: Mengenal Widget-Widget Wordpress, Rating: 5

Reviewer: Kr Turoplus, ItemReviewed: Mengenal Widget-Widget Wordpress

0 komentar pada Mengenal Widget-Widget Wordpress :

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.