cara membuat blog
Menghadapi komentar negatif
Facebook
Twitter
RSS
gplus

Menghadapi komentar negatif

Di dalam nge-blog, kita pasti sering menjumpai berbagai macam komentar-komentar yang di tujukan kepada postingan yang kita buat.

Banyak webmaster yang mengatakan bahwa komentar-komentar dalam blog di bagi menjadi 2 macam. Diantaranya komentar positif dan komentar negatif.

Komentar positif biasanya lebih bermaksud untuk memeberikan kritikan yang membangun kepada kita.
Komentar negatif pun juga banyak yang memberikan kritikan, akan tetapi, kritikan komentar-komentar negatif sering kali menggunakan kata-kata kasar yang tidak layak di pasang di blog kita. Komentar ini biasanya di ucapkan oleh pengunjung yang iri kepada kita...
Agar lebih jelas tentang apa yang dimaksud dengan komentar positif dan negatif, simak contoh-contoh komentar di bawah ini.

Contoh komentar positif :

“saya sangat menghargai sekali dengan pendapat yang anda sampaikan, akan tetapi saya mempunyai pendapat lain. Yaitu.............(bla bla bla)”

Contoh komentar negatif :

“ah... trik apaan tu !! itu mah , sampah !! seharusnya gak bgitu !! bodo amat sih loe !!!!!!”

Hmmm, melihat contoh komentar negatif yang saya paparkan diatas, saya yakin, sebagai admin blog yang menerima komentar tersebut, pasti anda akan merasa sakit hati.
Alhamdulillah, hingga sampai detik ini juga, saya belum pernah menjumpai komentar-komentar negatif.
Jangankan komentar neggatif,mendapat komentar saja sangat jarang.... maklum, blog saya masih baru...


Ok, sekarang saatnya berbagi tips menghadapi komentar-komentar (respons) negatif.

- Jangan takut menghadapi komentar-komentar negatif

Komentar negatif bukanlah sebuah halangan untuk berhenti nge-blog. Komentar-komentar seperti ini umum, bagi setiap blogger. Apabila anda menjumpai komentar-komentar negatif, jangan takut, biarkan saja, komentar negatif tidak menggigit koq...

- Tanggapi komentar negatif

Sepanjang isi postingan kita masih bisa dikatakan “bermanfaat” bagi para pembaca, tanggapi saja komentar yang berbau negatif. Ingatkah akan pepatah “ kejahatan harus di balas dengan kebaikan” ?, Maka tanggapilah komentar negatif dengan kata-kata yang tidak kasar.

- Jangan hapus komentar negatif

Dengan menghapus komentar negatif dan tidak menanggapinya, bisa-bisa anda di cap sebagai “blogger pengecut”.

- Berkunjung balik ke blog yang berkomentar negatif

Apabila orang yang berkomentar negatif terhadap anda mempunyai blog, kunjungi saja blognya. Lalu berikanlah komentar yang positif di blognya. Bisa saja orang tersebut berbalik meminta maaf kepada anda karena telah menyesali perbuatanya.

Intinya, dalam menghadapi komentar-komentar negatif, anda harus sabar,sabar dan sabar. Ingat, “orang sabar di sayang Tuhan” bukan ?

Author : Luthfi Tri Atmaja
Blog: http://farzanawuss.blogspot.com/

Description: Menghadapi komentar negatif, Rating: 5

Reviewer: Salman Boy, ItemReviewed: Menghadapi komentar negatif

0 komentar pada Menghadapi komentar negatif :

Poskan Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.