cara membuat blog
Membuat Background Posting Berbeda-beda
Facebook
Twitter
RSS
gplus

Membuat Background Posting Berbeda-beda

Heuheuheu.... gara-gara kang rohman sedang hoby main game di kompi, trus blogger kadang bisa di akses kadang tidak, akhirnya lupa dech ama yang namanya ngeblog, berkunjung ke blog sendiripun hanya beberapa detik saja dan sehabis itu ya udah tak biarin aja..mau yang nyapa, komen atawa nanya kang rohman cuekin aja.... lagi males soalnya.

Namun mesti begitu akhirnya kang rohman maksain juga deh bikin tulisan, biar tidak terlalu basi nih tulisan di blog ini, setiap di buka pasti isinya sama. Sambil menggeliat (Hhhuuuuaaaaahhh ngannnntuuuucckkkk), kang rohman mencoba menjawab pertanyaan yang di sampaikan beberapa waktu yang lampau. Pertanyaannya yaitu bagaimana agar setiap posting bisa berbeda-beda backgroundnya, biar ada variasi sehingga tidak monoton dan membosankan.

Emangnya bisa backround posting beda-beda? ya bisa aja atuh, caranya gampang ko, tidak sesulit yang di bayangkan, tinggal bikin style nya trus mau di apain juga bisa.

Dalam membuat background ada dua alternatif yaitu membuat background dengan warna dan membuat background dengan bantuan gambar, khusus untuk background dengan gambar terbagi lagi ke dalam beberapa teknik yaitu background gambar dengan teknik repeat (ada repeat, repeat-x, repeat-y) dan background gambar dengan teknik no-repeat (gambar backgroundnya memang ukuran besar). Untuk teknik-teknik ini mungkin lain kali saja deh, kangrohman nya sedikit bad mood nih, mending sekarang yang singkat aja deh.


Membuat background dengan warna

Agar warna background postingan bisa berbeda-beda setiap postingan, anda perlu melakukan :

Ketika anda akan memulai untuk membuat postingan, pilih tab Edit HTML jangan pilih Compose. Awali postingan anda dengan kode seperti ini :

<div style="background:kode_warna_disini;">

Dan diakhir postingan, harus di tutup dengan kode seperti ini :

</div>



Ganti tulisan kode_warna_disini dengan kode warna yang anda inginkan. Sedikit tips yang masih bingung dengan kode warna, silahkan baca di sini.

Karena kode ini merupakan Style dari CSS, maka tentu saja bukan hanya warna background yang bisa anda tentukan, warna hurup, jenis hurup, perataan posting, dan lain-lain pun bisa anda tentukan. So, yang pasti postingan anda akan bervariasi dan tidak terkesan monoton (monoton TV apa monoton Film ye?). Sebagai contoh, jika postingan anda ingin berwarna background abu-abu, tulisan bisa rata kiri-kanan, besarnya hurup 120% dan padding sebesar 10 pixel :


<div style="background:#D9D7D7; text-align:justify; font-size:120%">

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. Maecenas at nisl. Nullam lorem mi, eleifend a, fringilla vel, semper at, ligula. Mauris eu wisi. Ut ante dui, aliquet nec, congue non, accumsan sit amet, lectus. Mauris et mauris. Duis sed massa id mauris pretium venenatis. Suspendisse cursus velit vel ligula. Mauris elit. Donec neque. Phasellus nec sapien quis pede facilisis suscipit. Aenean quis risus sit amet eros volutpat ullamcorper. Ut a mi. Etiam nulla. Mauris interdum.

</div>


Hasilnya akan seperti ini :


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. Maecenas at nisl. Nullam lorem mi, eleifend a, fringilla vel, semper at, ligula. Mauris eu wisi. Ut ante dui, aliquet nec, congue non, accumsan sit amet, lectus. Mauris et mauris. Duis sed massa id mauris pretium venenatis. Suspendisse cursus velit vel ligula. Mauris elit. Donec neque. Phasellus nec sapien quis pede facilisis suscipit. Aenean quis risus sit amet eros volutpat ullamcorper. Ut a mi. Etiam nulla. Mauris interdum.


heuheuheu.. gampang banget kan? kang rohman bilang juga apa, sok di coba atuh biar seru.

Membuat background dengan Gambar

Nah jika postingan anda ingin mempunyai background berupa gambar, langkah pertama yang harus di ingat yaitu anda harus punya gambar yang akan di jadikan background (bahasanya ko bolak-balik dekok begitu yach?). Trus gambar tersebut harus di upload ke hosting tempat menyimpan gambar. Bingung cara upload gambar ke hosting gratisan? ya udah baca dulu postingan kang rohman yang di sini, di sini juga.

Ketika anda akan memulai untuk membuat postingan, pilih tab Edit HTML jangan pilih Compose. Awali postingan anda dengan kode seperti ini :

<div style="background:url(alamat_gambar_disini) no-repeat;">

Dan diakhir postingan, harus di tutup dengan kode seperti ini :

</div>


Ganti tulisan alamat_gambar_disini dengan alamat gambar yang ingin anda tampilkan. Penggunaan kode no-repeat tentu saja apabila gambar yang anda miliki memiliki ukuran besar dan tidak mau di tampilkan berulang-ulang.

Seperti halnya pada background dengan warna, kode inipun bisa anda tambah-tambahin sesuai dengan keinginan.

Sebagai contoh, saya ingin membuat posting dengan background yang beralamat di http://kangrohman.googlepages.com/roll_02.jpg, background ingin di simpan di sebelah kanan atas posting tanpa repeat, padding sebesar 10 pixel, besar hurup 90% :


<div style="background:url(http://kangrohman.googlepages.com/roll_02.jpg) no-repeat right top; text-align:justify; font-size:90%; padding:10px">

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. Maecenas at nisl. Nullam lorem mi, eleifend a, fringilla vel, semper at, ligula. Mauris eu wisi. Ut ante dui, aliquet nec, congue non, accumsan sit amet, lectus. Mauris et mauris. Duis sed massa id mauris pretium venenatis. Suspendisse cursus velit vel ligula. Mauris elit. Donec neque. Phasellus nec sapien quis pede facilisis suscipit. Aenean quis risus sit amet eros volutpat ullamcorper. Ut a mi. Etiam nulla. Mauris interdum.

</div>


Hasilnya akan seperti ini :


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. Maecenas at nisl. Nullam lorem mi, eleifend a, fringilla vel, semper at, ligula. Mauris eu wisi. Ut ante dui, aliquet nec, congue non, accumsan sit amet, lectus. Mauris et mauris. Duis sed massa id mauris pretium venenatis. Suspendisse cursus velit vel ligula. Mauris elit. Donec neque. Phasellus nec sapien quis pede facilisis suscipit. Aenean quis risus sit amet eros volutpat ullamcorper. Ut a mi. Etiam nulla. Mauris interdum.



Eiiiith... gampang juga kan? ya udah di coba dulu aja biar jadi hafal...

Udah dulu ah kang rohman mau nerusin main game nya. Cheeeerrrr..

Description: Membuat Background Posting Berbeda-beda, Rating: 5

Reviewer: Rohman, ItemReviewed: Membuat Background Posting Berbeda-beda

0 komentar pada Membuat Background Posting Berbeda-beda :

Poskan Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.