cara membuat blog
Mengenal Post Editor Wordpress
Facebook
Twitter
RSS
gplus

Mengenal Post Editor Wordpress

Post Editor Wordpress
Mengenal Post Editor Wordpress – Untuk lebih mencintai dalam menggunakan wordpress, mari kenali flatform tersebut secara lebih jauh. Jika pada artikel sebelumnya telah ditulis bagaimana cara melakukan setting pada menu-menu yang terdapat pada wordpress termasuk cara setting permalink wordpress, maka panduan wordpress pada kesempatan ini mencoba menulis seputar mengenal post editor wordpress.

Sebenarnya apa sih post editor wordpress itu?

Post editor wordpress adalah fasilitas untuk mengatur atau mengedit isi artikel atau posting agar sesuai dengan keinginan pemilik blog wordpress, pengaturan didalam post editor meliputi tata letak artikel seperti rata kiri, rata kanan, rata kiri kanan, penulisan secara cetak tebal, miring, garis bawah, coret, warna tulisan dan lain sebagainya. Penguasaan yang baik terhadap post editor tentunya berimbas pada hasil artikel setelah dipublikasikan yang terkesan berkualitas, nyaman, dan enak dibaca.

Mengenal Post Editor Wordpress


Untuk membuka halaman post editor, silahkan alihkan perhatian anda ke sebelah kiri atas monitor komputer anda, lalu sorot menu Posts. Setelah keluar sub menu, pilih Add New.
tambah post baru
Setelah itu anda akan langsung berada pada halaman post editor seperti gambar di bawah ini :
post editor wordpress
Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan seputar post editor :

Post Title / Judul Artikel
judul post
Ini adalah kotak isian untuk memasukkan judul artikel. Gunakanlah beberapa kata yang anda anggap dapat mewakili keseluruhan artikel yang anda buat.

Upload / Insert
upload
Fasilitas tersebut adalah untuk mengupload (unggah) atau insert (memasukkan berkas) dari komputer kita ke blog. File atau berkas yang dapat diupload mliputi berkas gambar, video, musik serta berkas lainnya.

Post Editor Tools
toolbar wordpress
Ini adalah tools (peralatan) untuk kepentingan mengedit artikel seperti untuk mencetak tulisan menjadi rata kanan, kiri, rata kiri-kanan, tebal, miring dan lain sebagainya.  Untuk info lenkap mengenai fungsi-fungsi tools (peralatan) tersebut akan di bahas pada artikel selanjutnya.

Visual / HTML
mode editor
Ada dua mode yang bisa anda gunakan, yaitu mode Visual serta HTML. Mode visual sering disebut juga sebagai Rich Editor atay WYSIWYG ( What You See Is What You Get ), mode Visual dibuat untuk mereka yang memang masih awam akan bahasa pemrograman HTML, ini sangat mudah digunakan karena sesuai dengan apa yang dilihat. Mode HTML adalah mode yang mendukung kode HTML, mode ini di peruntukan bagi mereka yang sudah mengerti akan bahasa HTML.

Post Editing Area
form editor
Ini adalah tempat untuk memasukkan artikel yang ingin anda edit dan selanjutnya di publikasikan.

Widget Pendukung Post Editor


Selain post editor, pada halaman yang sama terdapat widget-widget sebagai pendukung. Widget-widget tersebut diantaranya adalah Widget Publish, Format, Categories, Post Tags, Excerp, Send Trackbacks, Custom Fields, Discussion, Slug dan Author.  Widget-widget tersebut mungkin tidak tampil semua, anda harus melakukan pengaturan mana yang ingin di tampilkan atau disembunyikan, untuk hal ini silahkan baca artikel tentang Cara mengatur tampilan post editor.

Berikut adalah keterangan lebih lengkap mengenai Widget yang ada pada post editor

Publish
publish post

Ada beberapa fungsi yang ditanam dalam widget publish yaitu :

Save Draft : ini berfungsi untuk menyimpan artikel anda menjadi sebuah artikel draft (artikel cadangan yang disimpan di blog namun belum/tidak di publikasikan).

Preview : Fasilitas untuk melihat tampilan artikel anda di blog sebelum benar-benar di publikasikan.

Status : ini menunjukkan status dari artikel yang sedang anda edit, apakah masih dalam keadaan draft atau Pending Review.

Visibility : adalah untuk mengatur bagaimana nantinya artikel ada dilihat oleh pengunjung.
  • Public : artikel akan terlihat secara bebas oleh pengunjung. Stick this post to the front page artinya artikel anda akan di jadikan sticky post ( posting yang akan selalu berada di halaman depan dan diatas meskipun ada artkel baru).
  • Password protected : artikel anda tidak akan bebas terbaca oleh pengunjung. Untuk membaca artikel tersebut pembaca harus memasukkan kata sandi khusus yang anda buat. Umumnya artikel yang di lindungi oleh password adalah blog yang bersifat private atau premium (berbayar), jadi yang bisa membaca adalah mereka yang di telah di beri password khusus oleh admin.
  • Private : artikel yang hanya dapat di lihat dan dibaca oleh admin blog.
Publish immediately : ini untuk mengatur jadwal publikasi, apakah mau langsung di publikasikan, atau terjadwal sesuai waktu yang ditentukan.

Move to Trash : untuk membuang artikel yang sedang anda edit, atau dengan kata lain artikel tersebut ingin di hapus. Jangan klik ini apabila anda tiak bermaksud untuk menghapus artikel tersebut.

Publish : untuk mempublikasikan artikel yang anda buat, bisa langsung di publikasikan ke blog atau sesuai jadwal yang telah anda atur.


Format
widget format
Fasilitas ini untuk mengelompokkan tampilan artikel. Ini hanya akan terlihat perbedaannya untuk theme-theme tertentu saja.

Categories
categories
Categories atau kategori adalah fasilitas yang dapat mengelompokkan artikel anda, sehingga nantinya mudah untuk di temukan. Pengelompokkan tersebut berdasarkan nama kategori, disini anda tinggal memilih nama kategori yang telah ada atau membuat nama baru.

Post Tags
post tag
Post tags berfungsi sama dengan kategori yaitu mengelompokkan artikel yang ada, namun terkadang di gunakan lebih luwes untuk kata kunci yang lebih panjang.

Excerp
excerp
Sebuah ringkasan dari artikel yang anda buat, namun untuk theme-theme tertentu isi dari sebuah Excerp di tampilkan di halaman depan. Sebuah Excerp pun terkadang dibuat sebagi deskripsi untuk keperluan indexing mesin pencari.

Send Trackbacks
send trackbacks
Untuk mengirimkan infomasi ke blog lain bahwa artikel yang sedang anda buat masih saling berhubungan atau dalam topic yang sama. Tentunya ini bekerja untuk blog lain yang sama-sama menggunakan wordpress

Custom Fields
Custom Fields
Digunakan untuk fungsi-fungsi khusus. Umumnya fasilitas ini gunakan menggunakan plugin-plugin tertentu, atau ada juga yang secara manual untuk mereka yang mengerti.

Discussion
Discussion
Fasilitas untuk mengatur apakah artikel yang sedang anda edit boleh di komentar oleh pengunjung atau tidak. Serta pengaturan apakah menerima Trackback dari blog lain atau tidak ( kebalikan dari fungsi Send Trackbacks ). Di centang boleh, tidak di centang berarti jangan.

Slug
slug
Untuk menentukan kata apa yang akan masuk kedalam alamat (Url). Anda tinggal tulis sesuai keinginan atau biarkan kosong apabila alamat URL ingin sesuai dengan judul post.

Author
admin
Untuk memilih author (nama penulis). Sebuah blog terkadang di urus oleh satu orang author atau lebih dari satu. Bila memang authornya lebih dari satu, maka fasilitas ini bisa menentukan siapakah pembuat dari artikel tersebut.

Info tambahan seputar Post Editor

Post editor wordpress terbagi kedalam dua mode yaitu Visual serta HTML. Untuk menerangkan kedua mode tersebut perlu pembahasan yang lebih luas agar jelas, oleh karenanya akan di bahas pada artikel selanjutnya.

Semoga artikel tentang mengenal post editor wordpress ini dapat bermanfaat bagi anda.

Description: Mengenal Post Editor Wordpress, Rating: 5

Reviewer: Kr Turoplus, ItemReviewed: Mengenal Post Editor Wordpress

0 komentar pada Mengenal Post Editor Wordpress :

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.