cara membuat blog
Asyik Ngeblog Bersama Window Live Writer
Facebook
Twitter
RSS
gplus

Asyik Ngeblog Bersama Window Live Writer

window-live-writer Sudah pasti banyak yang sudah tahu apa itu Window Live Writer, namun tentunya masih ada dari pengunjung blog Kang Rohman yang belum tahu tentang ini. Apa sih Window Live Writer itu? Window Live Writer adalah tool yang di buat khusus untuk para blogger agar bisa melakukan aktivitas blogging alias ngeblog secara offline. Lho kok, masa sih ngeblog bisa secara offline?“Ga mungkin…ga mungkin…semua itu terjadi” (sambil di nyanyikan ala band “SLANK”).

Jika anda termasuk orang yang baru di dubia blogging, untuk urusan posting artikel pasti harus login ke blogger dan mengerjakannya pada dashborad posting yang di sediakan oleh blogger. Nah, cara itu adalah cara lama alias kuno. karena sekarang sudah banyak tool gratisan yang bisa ngepost artikel tanpa harus masuk dashboard blogger terlebih dahulu. Sebut saja tool Wbloggar, Scribefire, Post2blog, serta Window Live Writer yang sekarang sedang Kang Rohman Bahas. Masih belum faham juga apa itu offline blogging? secara singkat begini, anda tinggal membuat artikel pada offline blogging tool yang anda gunakan, lalu tinggal klik tombol Publish dan secara otomatis artikel anda akan terpampang di blog anda.

Dari sekian banyak offline blogging tool yang Kang Rohman coba kehandalannya, ternyata Kang Rohman jatuh hati terhadap produk Microsoft Corporation ini. Pertimbanga-pertimbangan kenapa kang Rohman memilih Window Live Writer sebagai partner dalam hal melakukan blogging adalah sebagai berikut :

 

  1. Bisa Offline Blogging. Artinya kang Rohman ketika menulis sebuah artikel untuk di posting ke blog yang kang rohman inginkan tidak harus masuk terlebih ke dahboard blogger, sehingga tidaklah wajib untuk tersambung ke internet (offline) terlebih dahulu. Yang pasti ini adalah sebuah nilai plus untuk mengurangi beban biaya berinternet ria, apalagi jika biaya internet anda adalah berdasarkan quota pemakaian.
  2. Tampilan yang menarik. Ketika pertama kali mencoba tool ini, Kang Rohman langsung jatuh hati dengan tampilan post editornya yang ciamik abis.
  3. Tool Editor yang komplit. Jika anda terbiasa menggunakan editor blogger, maka ketika menggunakan Window Live Writer anda akan di suguhkan dengan suasana yang serba baru, karena tool-tool yang di suguhkan boleh di bilang sangat komplit, dan boleh di bilang juga serasa menggunakan Mcrosoft Word yang terkenal itu. Yang pasti, jika hanya urusan membuat tabel, rekayasa gambar, dan lain sebagainya menjadi urusan yang sangat mudah untuk di lakukan.
  4. Editor gambar yang powerfull. Window live writer terbaru memiliki tool editor gambar yang handal, hanya dengan satu kali klik bisa membuat berbagai efek gambar yang sangat menarik. Ini tentu saja sangat berguna karena bisa menghemat waktu. Contoh efek-efek yang bisa di ciptakan oleh WLW misalkan seperti : Drop shadow (membuat bayangan), Photopaper (kertas photo), Reflection(refleksi), Rounded Corner (sudut membulat), Water mark, black and white, Sepia tone, Dan lain sebagainya. Semua itu hanya memerlukan satu klik saja. Contoh beberapa efek gambar yang bisa di ciptakan oleh WLW :

    5

    4

    Sangat menakjubkan bukan? anda hanya tinggal pilih efek apa yang di inginkan.
  5. Tidak memerlukan upload gambar. Pada WLW versi terbaru, anda tidak memerlukan upload gambar terlebih dahulu karena akan di upload secara otomatis ke picasa web album.

  6. Multi Preview Editor. Anda bisa memilih editor yang anda sukai, dalam versi HTML atau versi biasa (WYSUWYG), serta web preview untuk melihat secara real.

  7. Penambahan Plugin. Sama halnya dengan FireFox yang sangat terkenal dengan fitur Add-On nya agar performa firefox lebih handal. WLW pun ada fasilitas Add-Plugin, berbagai plugin untuk menambah kehandalan WLW bisa anda download dan anda tambahkan sesuka hati. Contoh plugin yang Kang rohman sukai adalah plugin Insert a smiley! agar bisa seperti ini Crying atau juga bisa  Kiss dengan leluasa Rolling on the floor.

  8. Dan masih banyak lagi kelebihan WLW sehingga memang tool ini layak untuk di pilih dan di pergunakan.

 

 

Beberapa hari yang lalu, ada yang bertanya, bagaimana cara membuat fungsi Read more atau Baca Selengkapnya ketika posting memakai Window Live Writer (WLW)? Caranya terbilang sama dengan memakai editor blogger, bedanya adalah jika dengan menggunakan post editor blogger anda memilih tab Edit HTML, sedangkan untuk WLW anda terlebih dahulu pilih tab Source (bingung? harus langsung praktek biar tidak bingung) lalu masukan kode Read more nya. tentang cara-cara membuat fungsi Read more atau Selengkapnya sudah Kang rohman Bahas pada artikel “Trik Mudah Membuat Read more”.

 

Mau mencoba kehandalan Window Live Writer? silahkan download langsung di http://get.live.com/writer/overview atau di http://windowslivewriter.spaces.live.com. Untuk menambahbah berbagai Plugin, bisa di download di http://gallery.live.com

 

Selamat NgeBlog Ria bersama WLW!

Description: Asyik Ngeblog Bersama Window Live Writer, Rating: 5

Reviewer: Unknown, ItemReviewed: Asyik Ngeblog Bersama Window Live Writer

0 komentar pada Asyik Ngeblog Bersama Window Live Writer :

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.