cara membuat blog
Blogazine sebuah konsep blogging yang berbeda
Facebook
Twitter
RSS
gplus

Blogazine sebuah konsep blogging yang berbeda



Anda memasuki blogazine area. Harap tenang, baca sampai tuntas dan jangan asal komen.


Author and design by: Hendro Prayitno





Blogazine adalah blog dan magazine [majalah] jadi blog bergaya majalah dengan tampilan berbeda di setiap halaman

Banyak manfaat jika menerapkan blogazine, kita bisa mempelajari banyak hal tentang coding dan desain. Dan yang pastinya blogazine adalah seni yang melahirkan berbagai macam ide dan inspirasi. Blogazine bukanlah trend namun blogazine adalah sebuah konsep blogging yang berbeda.



Blogazine itu Apa sih?


Seperti layaknya anda membaca majalah, maka anda akan menemukan desain yang berbeda di setiap lembaranya. Begitu pula yang di namakan blogazine, dalam definisinya blog dan magazine, yaitu blog bergaya majalah dengan tampilan yang berbeda di setiap halaman. Wow..Amazing, ini butuh waktu dan pengetahuan yang luas bung. Oh, saya akan menjawab itu. Jelas memang semua ada waktu dan semua butuh proses, itupun semua di dasari dengan niat. Jika niat pastinya semua akan lancar saja dan waktu itu kita yang mengatur.

Begitu pula jika kita ingin sekali membuat blogazine,,emm..blogazine itu adalah ide. Jika di cermati blogazine memerlukan pemahaman sederhana dan memerlukan ide desain. Apa kira-kira yang di butuhkan? so pastinya tentang CSS dan HTML. Seperti misal jika anda ingin menerapkan konsep ini di mesin blogspot, maka anda pun harus menyadari bahwa anda akan bermain CSS dan HTML, bila perlu dengan Javascript.

Pada dasarnya dalam pengkodean CSS dan HTML itu kita harus mengenal ID dan Class dari kode tersebut. Oke, misal saja kita akan membuatnya di blogspot. Jika menerapkan di mesin blogspot prinsipnya kita harus menyadari bahwa blogspot tak punya plugin seperti wp post styling yang ada di wp. Jadi kita hanya bisa menambahkan kode di bawah posting, dan itu tidak valid karena kode CSS internal lebih baik di taruh di antara <head></head> oke, kita akan praktek sedikit, bagaimana menghilangkan salah satu elemen, misal di blogspot:

<style type='text/css'>
#sidebar{display:none}
.entry-title{display:none;}
</style>

Di sini kita menambahkan di postingan kita cukup di bawahnya, tapi ingat kita memposting harus di edit HTML bukan di compose id dengan tanda pagar dalam CSS dan class dengan tanga titik. Jadi gambarannya seperti ini:

<p>ISI DARI POSTINGAN KITA</p>
<style type='text/css'>
#sidebar{display:none}
.entry-title{display:none;}
</style>

Nah setelah kita publish maka sidebar dan judul posting akan menghilang karena kita mendisplay none. Anda pun bisa melakukannya dengan id yang lainnya atau dengan class, caranya anda tekan ctrl+u dan lihat kodenya, misalkan anda menemukan dalam html yang seperti ini:

<div class="entry-title">
</div>
<div id="sidebar">
</div>

BINGGO.... anda sudah menemukan satu id dan satu class, maka selanjutnya itu tergantung kreasi anda, ingat blogazine itu ide dan kreasi sendiri.




Oke, saya akan beropini tentang blogazine salah satunya yang saya pertentangkan adalah banyak yang menganggap blogazine itu adalah trend. Dan saya sangat tidak setuju jika blogazine hanya sekedar trend, karena blogazine menurut saya adalah suatu konsep blogging yang berbeda. Jika anda berpikir tentang trend, coba jawab pertanyaan ini. Musik apa yang sedang trend sekarang, dan musik apa yang trend di era 80'an. So, jika kita mengganggap trend maka itu bisa tenggelam oleh trend lainnya namun jika saja kita menganggap ini adalah konsep maka kita akan terus mengembangkannya.

Istilah trend dalam blogazine itu muncul ketika Smashing magazine meluncurkan artikel The Death Of borring blogpost. Padahal artikel itu tidak menganggap blogazine suatu trend, namun di Indonesia dan banyak di negara lain pula salah presepsi tentang makna artikel tersebut. Sehingga blogazine di anggap hanya trend semata.

Aihhh...ini bukan trend bung, ini konsep atau cara blogging yang berbeda. Ketika seorang blogger bosan dengan gonta-ganti template, ketika seorang blogger ingin menampilkan karyanya, dan ketika seorang blogger ingin membuat sesuatu yang berbeda.




Kami pun mempunyai group dan komunitas di Indonesia, di facebook kami menamakan Kopizine dan situsnya adalah blogazinist[dot]com. Anda bisa bergabung di blogazinist sebagai penulis dan mencoba kemampuan desain artikel. Untuk perkembangannya blogazine berkembang sangat pesat di tahun 2011 khususnya di Indonesia. Kami pun sering membuat kompetisi, seperti posting desain tentang pulau komodo, membuat desain koran, membuat cover majalah, membuat desain teks yang unik dan masih banyak lagi ide yang bisa di sampaikan dalam kompetisi tersebut. So..kesimpulan dari artikel ini adalah belajar mengenal apa itu blogazine dan menyukainya, karena jika kita sudah tau dan suka maka semua itu akan di bawa enjoy dan tanpa beban.

Semoga artikel ini bisa membangkitkan semangat berkreasi dalam dunia blogging. Terima kasih buat kang rohman yang sudah mengijinkan saya memposting di Kolom Tutorial. Spesial juga untuk om-ipit, coen, Rulli Long filed, Aryandhani, Andre pandet, Mr Kim, Rudy Azhar dan seluruh blogger di Indonesia yaitu anda semua SAHABATKU. Keep on bloggazine.



Tentang penulis


Hendro Prayitno nama saya namun lebih akrab di panggil amdhas, itu nama dari kecil. Saya adalah seorang Ayah yang ingin menjadi diri sendiri mempunyai cita-cita yaitu ingin berguna untuk keluarga, Agama dan bangsa. Amin. Blog yang saya kelola sebenarnya banyak namun anda bisa mengunjungi jika berkenan di http://amdhas.tk So...Salam Persahabatan.


profesor



Komentar blogazine


Description: Blogazine sebuah konsep blogging yang berbeda, Rating: 5

Reviewer: Salman Boy, ItemReviewed: Blogazine sebuah konsep blogging yang berbeda

0 komentar pada Blogazine sebuah konsep blogging yang berbeda :

Poskan Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.