cara membuat blog
Obrolan Seputar Browser Google Chrome
Facebook
Twitter
RSS
gplus

Obrolan Seputar Browser Google Chrome

google chrome Sebenarnya yang sedang hangat jadi pembicaraan di Internet saat ini bukanlah browser internet besutan Google yang bernama Google Chrome, namun sebuah Sistem operasi komputer baru dari Google bernama Google Chrome OS yang rencananya akan di launching secara resmi tahun 2010 nanti. Yang menyedot perhatian banyak orang adalah Google Chrome OS bisa di pakai secara gratis, ditenggarai bahwa Google Chrome OS dibuat untuk menggeser dominasi dari Sistem Operasi Windows dari Microsoft.
Walaupun Google belum secara resmi meluncurkan Google Chrome OS untuk user, namun google telah merilis Chromium OS open source project silahkan baca langsung dari blog google system untuk membaca detail tentang rilisnya Chromium OS open source project..

Bagi anda yang ingin lebih cepat mencicipi rasa dari Chrome OS, ada beberapa website yang telah menyediakan link download Google Chrome OS secara gratis.

Download Chrome OS

Untuk menjalankan multi OS dalam satu komputer, diperlukan software seperti VirtualBox atau VMware Player atau bagi pengguna Macs bisa memakai VMware Fusion.

Apabila ingin boot komputer secara langsung dengan Chrome OS, anda bisa install Google Chrome OS pada USB flash drive. Silahkan download versi USB drive :

Download Chrome OS Diet USB Version
Download Chrome OS Diet USB Version ( alternatif link )

Catatan : Segala resiko dalam menginstall Chrome OS sepenuhnya tanggung jawab anda sendiri, silahkan baca informasi cara menginstall Chrome OS yang banyak tersedia di Internet.

Masuk ke obrolan utama postingan kali ini yaitu mengenai browser internet Google Chrome. Sejak peluncurannya tahun lalu, kang Rohman tidak terlalu banyak mencurahkan perhatian terhadap browser yang satu ini karena saat pertama kali menginstall terkesan bahwa Chrome terlalu minimalis sehingga kurang nyaman untuk di gunakan. Namun, akhir-akhir ini kang Rohman mulai sedikit jatuh hati dengan Chrome dan sering menggunakannya saat browsing, alasan utama yaitu proses loading saat membuka halaman website dirasakan lebih cepat di banding dengan browser internet lain. Bagaimana dengan pengalaman anda?
Alasan lain kenapa selama ini tidak menggunakan Google Chrome adalah Google Chrome tidak bisa menginstall Google Toolbar yang selama ini selalu bertengger di browser kesayangan Firefox. Sedikit aneh memang, Google Chrome yang nyata-nyata buatan google tidak bisa di install google toolbar yang notabene buatan google sendiri.

Asumsi yang muncul kenapa google toolbar tidak bisa di install di chrome yaitu google ingin menunjukkan bahwa google Chrome adalah browser tercepat yang apabila di install google toolbar bisa sedikit mengganggu kecepatan, tapi itu adalah sebuah asumsi mungkin bisa benar atau mungkin salah. Untuk masalah ini, pihak developer Chrome berdalih bahwa saat ini mereka masih bekerja keras agar google toolbar bisa di install pada chrome.

Google Toolbar Isu

Tidak tersedianya Google Toolbar untuk Chrome merupakan alasan banyak pengguna internet untuk tidak beralih ke browser Google Chrome. Untuk menanggapi reaksi ini pihak google menjawabnya dengan membuat sebuah halaman yang bisa anda akses di disini. Pada halaman tersebut diterangkan bahwa banyak dari fitur-fitur Google Toolbar seperti The New Tab Page, Spiffy search box, Suggestions instead of error pages, Autofill, Pop-up blocker, Spell-checker sebenarnya telah tersedia pada google Chrome.

Google Chrome Extensions

Layaknya pada browser firefox yang bisa menambahkan berbagai add-ons untuk lebih mendukung kinerja browser, pada Google Chrome pun ada fitur tersebut namun dinamakan sebagai Extension. Seiring dengan berjalannya waktu, kini telah tersedia banyak extension yang bisa anda tambahkan.

Untuk mencari Extesion yang dibutuhkan, anda bisa mencarinya di http://www.chromeextensions.org. Berikut Extension yang terpasang di Google Chrome milik kang Rohman.

  • Kuber PageRank Checker

Kuber PageRank Checker

Dengan Extension ini kita dapat melihat Google Page Rank, Alexa Rank, dan informasi WHOIS dari blog atau website yang dikunjungi.

Google Translation Bar

Sebuah extension yang bisa memasang google translate yang bisa secara langsung menterjemahkan isi web sebagaimana fitur yang ada pada google toolbar.

AdBlock+

Yang tidak suka akan kehadiran iklan di web yang anda kunjungi, Extension AbBlock+ cocok di pasang untuk menghalau kehadiran iklan-iklan tersebut.

aWeb Tools

Tool yang berbasis pada Google Tools

Dan masih ada beberapa extension lainnya.

Jika google chrome anda tidak bisa menginstall Extention, kemungkinan besar Chrome anda bukan versi developer, oleh karena itu silahkan install google chrome developer di:

http://www.google.com/chrome/eula.html?extra=devchannel

Google Chrome Themes

Yang kurang menyukai tampilan default dari Google Chrome, kini tersedia theme chrome untuk anda pilih sesuai kesukaan, silahkan langsung install di https://tools.google.com/chrome/intl/en/themes/index.html

Ngobrol panjang lebar ternyata cape juga nih, cukup dulu deh. lain kali di sambung lagi.

Description: Obrolan Seputar Browser Google Chrome, Rating: 5

Reviewer: Salman Boy, ItemReviewed: Obrolan Seputar Browser Google Chrome

0 komentar pada Obrolan Seputar Browser Google Chrome :

Poskan Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.