cara membuat blog
Curhat ah!
Facebook
Twitter
RSS
gplus

Curhat ah!

Setelah satu minggu tidak pernah melakukan update, sepertinya posting ini merupakan postingan curhat.  Dua minggu terakhir ini kang Rohman mengalami rentetan pengalaman yang sedikit membuat tidak nyaman dan sedikit melelahkan.

Selama ini yaitu sekitar satu tahun, untuk urusan koneksi internet kang Rohman memakai layanan dari telkomsel yaitu telkomsel flash. Dalam rentang waktu tersebut kang Rohman merasa cukup puas dengan layanan mereka karena harga yang ditawarkan cukup murah dan kecepatannya cukup lumayan baik. Namun, dua bulan terakhir layanan telkomsel flash dirasa sangat turun drastis sehingga kang Rohman pun merasa kurang nyaman dan berniat untuk beralih ke layanan yang lain. Akhirnya sekitar tanggal 6 oktober kemarin kang Rohman mencoba untuk beralih ke Telkom Speedy karena sebelumnya telah mencoba layanan IM2 dari Indosat dan ternyata sepertinya tidak menemui kecocokan.

Koneksi Telkom Speedy pun telah terpasang dan kecepatan dalam berinternetan sangat mengesankan jika di bandingkan dengan koneksi sebelumnya. Hasil beberapa kali pengetesan dengan memakai Speed Test ternyata kecepatan yang dicapai speedy bisa mencapai 500 kb sampai 1 Mb, alhasil aktivitas berinternetan menjadi lancar tanpa harus mengalami hambatan.

Kepuasaan yang baru dirasakan sepertinya harus sedikit ternoda. Ternyata koneksi yang baru dipakai ini sering tidak bisa koneksi ke internet apabila malam hari, namun waktunya tidak sama setiap harinya. Dalam catatan kang Rohman, diskoneksi ini ada yang terjadi dari jam 6 sore (maghrib) dan baru nyala kembali sekitar jam 8 pagi esok harinya, ada dari jam 12 malam sampai jam 5 shubuh, dari jam 2 malam sampai jam 6 pagi, dan lain lain-lain. Terkadang ada juga yang mulus semalaman tidak terjadi diskoneksi.

Pengalaman tidak nyaman ini tentu saja dilaporkan ke pihak telkom speedy, tepatnya kepada teknisi yang sebelumya memasang jaringan telkom speedy ditempat kang Rohman. Dari beberapa kali pengecekan, teknisi tersebut tidak menemui masalah karena memang apabila siang hari koneksi sedang bagus. Walhasil, sepertinya kejadian ini harus diterima dengan lapang dada karena terjadinya diskoneksi atau tidak dapat terkoneksinya sering terjadi tengah malam dan tentunya tidak mungkin memanggil teksini tersebut. Kejadian ini masih berlangsung sampai tulisan ini dibuat.

Setelah beberapa hari, ternyata baru diketahui bahwa saluran telepon yang dipakai berbarengan dengan saluran speedy terputus total. Masalah sebelumnya saja belum selesai, eh masalah yang baru malah muncul… hikssss apes tenan rek. Anehnya saluran internet tetap jalan jika siang hari, namun saluran telepon 100% putus padahal saluran yang dipakai adalah satu saluran. Entah berapa kali teknisi bolak-balik ke rumah kang Rohman, namun sepertinya belum menuaikan hasil.

Kejadian lainnya yang membuat hati ini dongkol adalah hard disk komputer yang dipakai kang Rohman tiba-tiba rusak, entah apa yang menyebabkan hard disk ini rusak, yang jelas kejadiannya sangat tiba-tiba. Sebelum mengalami kerusakan fatal, gejala yang timbul adalah kecepatan komputer sedikit melambat dan setelah melakukan restart ternyata hard disk tersebut sudah tidak terdeteksi di BIOS, walhasil komputer kang Rohman tidak bisa lagi digunakan. Yang menjadi pikiran adalah takut file-file yang ada di dalamnya tidak bisa di recovery walaupun banyak software ataupun jasa recovery data yang bisa menyelamatkan isi dari hard disk yang rusak.

Esoknya kang Rohman memutuskan untuk membeli sebuah hard disk baru dan sebuah memory 1GB disebuah toko pusat perbelanjaan peralatan komputer. Tidak ingin menunda waktu, sesampainya dirumah kang Rohman langsung menginstall komputer dengan hard disk yang baru. Beberapa saat kemudian diketahui bahwa ada suara berisik yang sangat mengganggu, dan setelah diselidiki ternyata suara tersebut bersumber dari hard disk yang baru di pasang. Untuk kejadian ini kang Rohman langsung menukarkan hard disk tersebut karena tidak ingin menemui masalah dikemudian hari. Cukup lumayan melelahkan, karena jarak antara toko hard disk tersebut dengan rumah kang Rohman cukup lumayan jauh, waktu yang ditempuh bisa setengah jam lebih memakai kendaraan roda dua.

Sehari setelah itu, kang Rohman mencoba memasang memory baru. Memory tambahan ini dimaksudkan untuk menambah kapasitas memory agar kinerja komputer semakin lebih cepat. Hasilnya, kinerja komputer cukup mengalami peningkatan. Namun, lagi-lagi kejadian kurang nyaman kembali terjadi. Setelah 3 jam kemudian Komputer kang Rohman tiba-tiba mengalami crash. windows error dan selalu melakukan restart. Setelah diteliti ternyata memory yang baru dipasang adalah pemyebab kerusakan tersebut.

Kejadian-kejadian yang lainpun kerap terjadi pada dua minggu terakhir, sehingga kang Rohman tidak bisa melakukan update untuk blog ini. Beruntung masih ada komputer yang dipakai oleh adik kang Rohman, sehingga sebagian bisnis online kang Rohman masih bisa di jalankan.

 

Semoga curhat ini tidak menyinggung pihak-pihak yang di sebutkan oleh kang Rohman, ini hanya sekedar curhat seorang blogger yang sedang memikirkan apa gerangan yang menyebabkan semua rentetan kejadian ini. Mungkin kang Rohman terlalu banyak dosa, oleh karena itu jika terdapat kesalahan kang Rohman memohon maaf kepada semua pihak.

Description: Curhat ah!, Rating: 5

Reviewer: Salman Boy, ItemReviewed: Curhat ah!

0 komentar pada Curhat ah! :

Poskan Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.