cara membuat blog
Hilang Widget? Gunakan Cache Google
Facebook
Twitter
RSS
gplus

Hilang Widget? Gunakan Cache Google

Hilang Widget? Gunakan Cache Google - Beberapa hari yang lalu kang Rohman membahas tentang Cara Upload Magazine Template R.1.5. Salah satu kekhawatiran terbesar dalam mengganti template adalah kehilangan widget yang sudah terpasang sebelumnya. Sebenarnya kekhawatiran ini tidak usah terlalu di risaukan karena banyak cara untuk menyelamatkan widget anda, diantaranya kang Rohman pernah memposting tentang Tips Membackup Data Dalam Widgets serta Tips Mengganti template Tanpa menghapus Widget.

Apabila langkah diatas terlupakan dan widget anda terlanjur hilang, maka anda masih bisa menggunakan cara lain yaitu diantaranya adalah dengan menggunakan Cache Google. Bagaimana cara menggunakan google cache? jika blog atau website anda sudah terindex oleh google sebelumnya, maka google akan selalu membuat salinan dari blog anda. Caranya adalah,

  1. Silahkan kunjungi http://google.co.id atau alamat google lainnya,
  2. Ketik seperti contoh di bawah ini pada mesin pencarinya :

    cache:http://alamatwebmu.com

    atau

    cache:alamatwebmu.com

    Contoh, apabila ingin mengetahui cache dari blog kang Rohman, maka yang di tulis adalah seperti ini :

    cache:kolom-tutorial.blogspot.com

    cache google

  3. Setelah anda klik tombol "Telusuri" maka salinan halaman yang telah di simpan google akan di tampilkan, berikut contoh salinan halaman milik kang Rohman :

    cache
  4. Salinan terakhir yang di buat oleh google adalah tanggal 3 juli 2009, jadi jika anda mengganti template hari ini maka widget yang hilang masih bisa di lihat pada cache google tersebut.
  5. Arahkan perhatian anda ke menu browser yang anda pakai, klik menu View kemudian page Source ( untuk Firefox ) atau klik menu View kemudian pilih Source ( untuk internet explorer ). Maka akan keluar source code template anda.
  6. Untuk mengetahui dimanakan kode widget yang anda pakai, silahkan anda baca kembali posting kang Rohman tentang Tips Membackup Data Dalam Widgets.

Selain cara di atas, ada cara lain walaupun prinsipnya hampir sama. Yang anda tulis padamesin pencari google adalah seperti ini :

site:http://alamatwebmu.com

atau

site:http://alamatwebmu.com

Contoh, jika milik kang Rohman maka di tulis seperti ini :

site:kolom-tutorial.blogspot.com

Maka akan keluar postingan yang telah di index oleh google, kemudian klik pada tulisan "Tembolok"

tembolok

Untuk langkah selanjutnya sama saja karena Tembolok itu  adalah bahasa Indonesia dari "cache", akan tetapi salinan dari kode yang kedua ini bisa membuka dari salinan yang tanggalnya lebih lama.

Jadi, tidak usah takut lagi kehilangan widget anda ketika mengganti template.

Description: Hilang Widget? Gunakan Cache Google, Rating: 5

Reviewer: Salman Boy, ItemReviewed: Hilang Widget? Gunakan Cache Google

0 komentar pada Hilang Widget? Gunakan Cache Google :

Poskan Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.