cara membuat blog
Google Docs : Solusi Bagi Yang Suka Sharing file Word, Excel, serta Power Point
Facebook
Twitter
RSS
gplus

Google Docs : Solusi Bagi Yang Suka Sharing file Word, Excel, serta Power Point

Ada yang pernah bertanya seperti ini “bagaimana cara menampilkan file microsoft exel di blog?” duh bisa ngga ya? seharusnya bisa sih, tapi bagaimana caranya ya, saya juga bingung nih Tapi tenang saja, jika anda pernah melihat file exel bisa di tampilkan di web berarti tandanya itu bisa di lakukan.

 

Bagi anda yang suka dan ingin sharing file dalam bentuk microsoft word (document) dan microsoft excel (spreadsheet) ataupun microsoft power point (presentation) di blog, maka anda bisa menggunakan berbagai layanan di internet. Salah satu di antaranya adalah layanan yang di sediakan oleh google yaitu Google docs. Dengan google docs anda bisa membuat file microsoft office yang saya sebutkan tadi secara online ataupun anda bisa mengupload file yang sudah jadi alias sudah di kerjakan secara offline dan kemudian ambil kode yang di berikan lalu setelah itu anda bisa menampilkannya di blog anda.

 

Apa kelebihan dari google docs? dengan google docs anda tidak perlu mempunyai software microsoft office yang lisensi nya sangat mahal terinstall di komputer anda, yang anda perlukan adalah anda bisa online di internet. Sepertinya saya tidak perlu menerangkan bagaimana cara membuat file di google docs karena penggunaannya hampir sama dengan microsoft office. Yang mau saya terangkan adalah bagaimana cara mengupload file yang sudah jadi ke google docs dan kemudian menampilkannya di blog anda. Tertarik? yuk mang kita lanjut!

 

Salah satu syarat untuk bisa menggunakan google docs adalah anda harus mempunyai alamat email di gmail (google acount). Jika selama ini account blogger anda menggunakan gmail maka bisa secara langsung login ke google docs. Bagi anda yang baru pertama kali masuk ke google docs, maka anda harus setuju dengan peraturan yang di buat oleh google. Sudah punya account google?  mari kita serbu google docs.

 

Lankah 1 : upload file ke google docs.

  1. Silahkan login ke http://docs.google.com dengan account gmail anda.
  2. Klik tab Upload yang berada di sebelah kiri atas layar monitor anda.
  3. Klik tombol browse… di bawah tulisan Browse your computer to select a file to upload:
  4. Masukan file yang ingin anda upload (word, excel, power point).
  5. Klik tombol Upload File yang ada di sebelah bawahnya.
  6. Tunggu beberapa saat sampai file anda terupload semuanya (tergantung dari besarnya file serta kecepatan koneksi anda).
  7. Jika sudah terupload, anda bisa mengeditnya jika mau.
  8. Klik tab publish yang ada di sebelah kanan atas layar monitor anda, maka akan keluar tulisan This document is not yet published.
  9. klik tombol publish now yang ada di bawahnya.
  10. Jika sudah selesai, lihat kembali ke bagian bawahnya!
  11. Klik link bertuliskan More publishing options.
  12. Setelah keluar window pop up, klik menu drop down di sebelah tulisan File format kemudian pilih HTML to embed a webpage.
  13. Klik tombol Generate URL.
  14. Copy kode HTMl yang di berikan, lalu paste pada notepad atau text editor lainnya.
  15. Silahkan di close saja window nya.
  16. Silahkan anda sign out dari google docs jika mau.
  17. Selesai.

 

Langkah 2 : posting kode google docs ke blogger.

 

  1. Silahkan login ke blogger dengan ID anda.
  2. Klik Posting Baru.
  3. Silahkan anda buat postingan yang anda inginkan.
  4. Ketika anda mau menyisipkan kode yang dari google docs, klik terlebih dahulu tab Edit HTML ( jangan yang compose)
  5. Paste kode google docs yang ada di notepad tadi pada tempat yang anda inginkan.
  6. Klik Tombol MEMPUBLIKASIKAN POSTING.
  7. Silahkan lihat hasilnya.
  8. Selesai.

 

Berikut adalah contoh file excel sederhana yang saya buat untuk menerangkan tutorial ini :

 

 

 

 

Sekarang anda sudah tahu cara menampilkan file excel di blog kan? ada lagi tambahan nih dari kang rohman. Berikut adalah contoh kode HTMl yang di berikan oleh google docs :

 

<iframe width='500' height='300' frameborder='0' src='http://spreadsheets.google.com/pub?key=pC1rhcSE_YQEbEbMd8xfaGA&output=html&widget=true'></iframe>

Jika kita perhatikan kode tersebut adalah kode HTML untuk perintah iframe, masih ingatkan dengan perintah iframe yang pernah saya posting di “mengenal perintah iframe”? tentunya kode yang di berikan oleh google docs tidaklah mutlak harus seperti itu, tapi kita bisa memodifikasinya sesuai dengan keinginan kita. Sebagaimana kita lihat bahwa ukuran lebar (width) sebesar 500 pixel, nilai ini bisa anda ganti dan disesuaikan dengan lebar dari halaman post anda, begitupun dengan tingginya (height) ini pun bisa anda ganti dengan nilai yang anda inginkan. Ada satu lagi yang penting adalah dalam kode tersebut tidak di sertakan kode scrolling, sehingga apabila file anda sangat lebar tidak akan terlihat oleh pembaca, maka solusi yang saya berikan adalah menambahkan kode scrolling=”yes’ ataupun scrolling=”auto” pada kode iframe di atas. contoh kode yang memakai scrolling :

 

<iframe width='500' height='300' frameborder='0' scrolling='yes' src='http://spreadsheets.google.com/pub?key=pC1rhcSE_YQEbEbMd8xfaGA&output=html&widget=true'></iframe>

 

Ataupun seperti ini :

 

<iframe width='500' height='300' frameborder='0' scrolling='auto' src='http://spreadsheets.google.com/pub?key=pC1rhcSE_YQEbEbMd8xfaGA&output=html&widget=true'></iframe>

 

Dengan anda menambahan kode seperti itu, maka walaupun file anda mempunyai lebar serta tinggi yang melebihi halaman posting anda, pembaca dapat menggesernya dengsn leluasa memakai scrolling.

 

Selamat mencoba!

Description: Google Docs : Solusi Bagi Yang Suka Sharing file Word, Excel, serta Power Point, Rating: 5

Reviewer: Unknown, ItemReviewed: Google Docs : Solusi Bagi Yang Suka Sharing file Word, Excel, serta Power Point

0 komentar pada Google Docs : Solusi Bagi Yang Suka Sharing file Word, Excel, serta Power Point :

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.