cara membuat blog
Comment box inside post untuk template klasik
Facebook
Twitter
RSS
gplus

Comment box inside post untuk template klasik

Dulu ketika saya pertama kali membuat blog, saya lebih menyukai template klasik daripada template yang baru, alasan utamanya yaitu untuk template klasik kode html templatenya sangat mudah untuk di otak-atik dan tidak seribet template baru yang sering muncul pesan error ketika melakukan editting. Maka pada waktu tutorial yang saya tulispun lebih dominan membahas tentang yang berhubungan dengan template klasik.

Seiring berjalannya waktu saya tergoda untuk memakai template baru karena semakin hari semakin banyak pula fasilitas yang di tawarkan oleh pihak blogger,
maka akhirnya saya putuskan untuk bermigrasi ke template baru. Setelah perpindahan tersebut rupanya perilaku saya dalam menulispun ikut terbawa, sekarang tulisan saya hampir semuan berhubungan dengan yang namanya template baru sehingga template klasik hampir sudah di lupakan.

Hal ini rupanya membuat sedikit kurang nyaman bagi pembaca setia blog saya yang masih menggunakan template klasik, ambil contoh saya pernah memposting sebuah artikel yang membahas tentang bagaimana cara membuat kotak komentar yang langsung di dalam halaman posting tanpa harus membuka window baru layaknya kotak komentar blogger pada umumnya. Tulisan tersebut memang saya tujukan bagi mereka yang menggunakan template baru, terus bagaimana kalau untuk template klasik? begitulah permintaan beberapa orang pembaca yang masih menggunakan template klasik.

Hmmmmmm.... tampaknya memang tak adil juga ya perilaku saya selama ini. Untuk sedikit memenuhi hasrat beliau-beliau yang masih menggunakan template klasik, maka tulisan kali ini saya akan mencoba membahas bagaimana cara membuat kotak komentar yang langsung di bawah postingan.

Sebelumnya saya tegaskan bahwa tulisan ini khusus bagi anda yang memakai template klasik bukan untuk template baru, namun demikian kalau untuk sebatas pengetahuan saja tentunya tidak di larang, silahkan saja di baca.

Perlu anda ketahui bahwa desain template sangatlah variatif, sehingga mungkin kode-kode yang saya terangkan tidak akan sama persis dengan kode template yang anda miliki. untuk itu tulisan ini saya merujuk kepada kode template yang standar di pake oleh template blogger dalam hal ini saya mengambil contoh pada template minima (template asli blogger).

Terlalu lama berbasa-basi? Ok,.. langsung saja. Untuk membuat kotal komentar langsung di dalam posting pada template klasik, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

Langkah #1

  1. Sign in di blogger dengan ID anda.
  2. Pada halaman dashboard, klik Pengaturan.
  3. Klik tab Komentar.
  4. Cari tulisan Tampilkan komentar dalam sebuah window popup?, pilih ya. Perhatikan gambar di bawah :
  5. kotak komentar

     

  6. Klik tombol   simpan pengaturan

 

langkah #2
  1. Klik tab Edit HTML
  2. Copy seluruh kode html template anda, lalu paste pada notepad kemudian Save dulu untuk backup (penting jangan sampai tidak di lakukan).
  3. Cari kode seperti di bawah ini :
  4. <a class="comment-link" href="<$BlogItemCommentCreate$>"<$BlogItemCommentFormOnclick$>>
    <span style="text-transform:lowercase"><$I18NNumComments$></span></a>

     

  5. Hapus/delete kode di atas, lalu ganti dengan kode berikut :
  6. Cari kode seperti ini :
  7. <BlogItemCommentsEnabled><a name="comments">

  8. Hapus/delete kode di atas, lalu ganti dengan kode berikut :
  9. Coba tuju ke bagian bawah, lalu cari kode seperti berikut :
  10. <p class="comment-timestamp">
    <a href="<$BlogURL$>"><< <$I18NHome$></a>
    </p>
    </div>
    </itempage>

  11. Hapus/delete kode di atas, lalu ganti dengan kode berikut :
  12. Klik tombol Simpan Perubahan Template.
  13. Selesai. Silahkan lihat hasilnya!

 

Manilik kepada pengalaman yang lalu pada template baru, ada beberapa komentar yang masuk bahwa beliau-beliau ini sudah berulang kali mencoba akan tetapi gagal terus, setelah saya coba riview blog nya ternyata kotak komentarnya sudah berhasil di buat, ini ada kemungkinan beliau ini meriview blognya di bagian halaman depan saja dan tidak membuka halaman posting. Untuk itu saya tegaskan bahwa ketika anda ingin melihat hasilnya, anda harus membuka sebuah halaman posting. Caranya yaitu apabila halaman post anda mempunyai sistem Read more.. maka klik lah link Read more.. tersebut untuk membuka sebuah poastingan. Jika tidak mempunyai sistem Read more.., silahkan klik pada judul yang ada di posting sebelumnya (untuk template klasik).

Untuk sekedar melihat contoh dari yang saya terangkan di atas, silahkan anda klik di sini!

Informasi tambahan saja bahwa sebenarnya tutorial ini pernah di bahas oleh sahabat saya mas abi, bagi yang merasa kesulitan dengan yang saya terangkan, coba kunjungi saja blog beliau. Mungkin pembahasan beliau lebih mudah untuk di pahami.

Selamat mencoba !

Description: Comment box inside post untuk template klasik, Rating: 5

Reviewer: Rohman, ItemReviewed: Comment box inside post untuk template klasik

1 komentar pada Comment box inside post untuk template klasik :

  1. Sangat membantu gan infonya buat saya pribadi. terimakasih sebelumnya ya gan sudah share artikel ini.

    BalasHapus

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.