cara membuat blog
Membuat Readmore (3)
Facebook
Twitter
RSS
gplus

Membuat Readmore (3)

Melihat dari banyaknya komentar yang di ajukan pada artikel tentang cara memotong artikel atau lebih di kenal dengan Read more..., maka sayapun tertarik untuk membahasnya kembali. Bagi sobat yang belum pernah membacanya, silahkan baca di sini, karena jika sobat belum membacanya maka ketika membaca artikel ini terasa tidak ada kaitannya.


Memang ada sebagian orang merasa puas karena telah menemukan artikel tentang cara membuat menu Read more... yang saya tulis karena setelah di praktekan hasilnya sangat memuaskan alias berhasil mulus, tapi ada juga yang merasa sedikit jengkel karena menurut perasaan mereka telah mengikuti seluruh langkah-langkah yang saya tulis tapi hasilnya nihil alias tidak berhasil. Dan ada juga sebagian yang merasa jengkel karena telah mengikuti apa yang saya tulis, ini di akibatkan katanya setelah mengikuti apa-apa yang saya saya tulis seluruh postingannya menjadi hilang entah kemana.

Fenomena yang cukup menarik, satu sumber tulisan akan tetapi hasilnya bisa bervariasi. Tapi jangan terburu berkecil hati, saya pun di dalam belajar nge-blog tidak sekonyong-konyong berhasil dan tidak sekonyong-konyong menjadi pintar, semua ada prosesnya. Dan satu lagi kabar gembira bagi sobat yang belum berhasil membuat menu Read more... dulu sayapun pernah mengalaminya dan sayapun pernah juga mengalami kehilangan seluruh postingan saya setelah membuat menu Read more..., akan tetapi justru karena kegagalan-kegagalan tersebutlah yang membuat saya lebih bersemangat untuk terus belajar, saya mempunyai prinsip yaitu apabila orang lain bisa kenapa saya tidak bisa, dan itulah yang menjadi cambuk untuk terus belajar dan belajar, dan sampai detik inipun saya masih tetap belajar.

Kembali kepada masalah Read more.., walaupun masih banyak yang belum berhasil alias gagal ketika membuat menu Read more.. pada postingan, saya masih tetap yakin apabila sobat mengikuti secara benar maka hasilnya akan sukses, ini pernah terbukti ada seorang sobat ketika Chatting melalui Yahoo ! Messenger bersikeras tidak berhasil walaupun telah mengikuti apa yang saya tulis. Weks... saya juga bingung atuh kalau sudah mengikuti sesuai yang di tulis tapi tetap tidak berhasil. Akhirnya jalan terakhir saya gunakan yaitu sobat tersebut saya suruh mengganti password untuk login ke blogger lalu kemudian password baru tersebut di berikan kepada saya dengan perjanjian bahwa sobat saya harus percaya bahwa saya tidak akan mengacak-acak isi blog nya. Setelah saya login ke blog teman saya tersebut ternyata benar saja bahwa beliau ini tidak mengikuti seluruh yang saya tulis, kemudian saya tambahkan kode Read more.. nya dan berhasil dengan waktu yang relatif singkat. Setelah itu saya beritahukan bahwa sudah berhasil dan password yang baru untuk login di minta untuk di ubah kembali agar saya pun tidak mengetahuinya. Jadi kesimpulan sementara yaitu sobat yang belum berhasil, kemungkinan ada kode yang telewatkan.

Baiklah... kembali ke topik awal yaitu tentang menu Read more..., agar sedikit mengerti akan saya tuliskan kode dasar dari posting, yaitu :


<div class='post-body'>
<p><data:post.body/></p>
<div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats -->
</div>



Perhatikan baik-baik kode di atas, itu merupakan kode asli dari template sobat sebelum di otak-atik. Jika sobat mengikuti langkah-langkah yang pernah saya tulis, maka kode nya akan berubah seperti ini:


<div class='post-body'>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p> <!-- satu -->
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>

<p><data:post.body/></p> <!-- dua -->
<a expr:href='data:post.url'>Read more.....</a>
</b:if>
<div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats -->
</div>



Kode di atas sengaja di bedakan warnanya, warna biru merupakan kode asli dari template, warna merah merupakan kode yang harus di tambahkan. Yang perlu sobat hati-hati adalah kode ini :

<p><data:post.body/></p>


Kode di atas harus di pastikan ada dua tidak boleh ada satu karena jika ada satu maka postingan sobat bisa hilang semuanya, akan tetapi sebenarnya seluruh postingan tidak hilang, akan tetapi tidak di perlihatkan alias di sembunyikan. Postingan di perlihatkan dan di sembunyikan karena kode :

<style>.fullpost{display:inline;}</style>


<style>.fullpost{display:none;}</style>


{display:inline;} artinya di tampilkan, dan {display:none;} artinya jangan di tampilkan alias sembunyikan dan kode inilah apabila salah pemasangan mengakibatkan semua postingan menjadi tidak di tampilkan, jadi apabila di satukan dari seluruh kode, maka kira-kira seperti ini :

Tampilkan postingan

Jangan tampilkan postingan

Tampilkan postingan apabila di klik link Read more...


Langkah yang tak kalah pentingnya yaitu sobat harus memasang kode Readmorenya pada tab Edit HTML jangan pada tab Compose, serta kode Read more... harus selalu di tutup. Contoh pemasangan kode read more... pada artikel seperti ini :

Ini adalah tulisan pada paragrap pertama yang akan muncul di halaman muka blog, paragrap - paragrap lainnya akan muncul apabila pengunjung blog meng klik link untuk membuka keluruhan artikel.
<div class="fullpost">
Paragrap yang kedua, ketiga dan seterusnya harus di tempatkan di sini, jangan di tempatkan sebelum kode readmore, jangan lupa untuk menutup kodenya ya..
</div>


Maka nanti yang akan muncul hanyalah paragrap atasnya saja yakni seperti ini :

Ini adalah tulisan pada paragrap pertama yang akan muncul di halaman muka blog, paragrap - paragrap lainnya akan muncul apabila pengunjung blog meng klik link untuk membuka keluruhan artikel.
Read more...

Sudah lebih fahamkah? bagi sobat yang belum berhasil ada baiknya untuk mencobanya kembali. Satu hal yang harus sobat ingat yaitu selalu membuat backup data template sebelum mencoba otak-atik kode template, karena jika terjadi kesalahan semisal seluruh postingan menghilang maka jangan bingung dan merasa panik, sobat tinggal Upload kembali backup data template yang sudah di simpan pada komputer kita sebelum melakukan otak-atik, dan hasilnya nanti akan sedia kala seperti sebelum sobat melakukan edit kode template. Jadi jangan pernah jera untuk mencobanya. Mau mencoba kembali? silahkan baca langkahnya di sini !

Description: Membuat Readmore (3), Rating: 5

Reviewer: Rohman, ItemReviewed: Membuat Readmore (3)

0 komentar pada Membuat Readmore (3) :

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.