cara membuat blog
Kode HTML tampil di posting-an
Facebook
Twitter
RSS
gplus

Kode HTML tampil di posting-an

Ada seorang teman bertanya begini, bang rohman gimana caranya agar kode HTML bisa tampil di posting-an blog? Nah dari situ muncul ide untuk membuat posting-an ini, barangkali ada diantara kawan-kawan semua yang juga mempunyai pertanyaan seperti itu? jawabannya mungkin begini. Agar kode-kode HTML dapat muncul pada posting-an blog kita, ada beberapa cara dan yang saya ketahui saat ini cuma baru dua cara ( barangkali kawan-kawan ada yang lebih tahu ).

Yang pertama yaitu anda harus mengganti karakter-karakter perintah dari program HTML dengan notasi tertentu. Karakter-karakter yang sering di gunakan yaitu seperti yang tertera pada tabel di bawah ini :


    Karakter    
    Notasi    
    Keterangan    
<
&lt;
   Kurung runcing terbuka
>
&gt;
   Kurung runcing tutup
&
&amp;
   Tanda Dan
 "
&quot;
   Tanda petik ganda
±
&plusmn;
   Tanda plus minus
Spasi
&nbsp;
   Tanda Spasi
©
&copy;
   Tanda hak cipta (copyright)
®
&reg;
   Tanda terdaftar (Registered)


Nah agar lebih paham akan saya beri contoh, misalkan dalam postingan anda berisi kata-kata seperti ini :

Untuk membuatnya cukup dengan hanya membubuhkan program di bawah ini :

<meta http-equiv="refresh" content="10">

</meta>



Nah (dari tadi perasaan nah nah melulu , pake kata lain nape!...      ) di dalam postingan anda, jika ingin tampil seperti itu maka yang di tuliskan tidak persis seperti kode di atas, sebab nanti di postingan tulisan kode tersebut tidak akan muncul, yang ada justru efek dari kode yang anda tuliskan. trus jalan keluarnya gimana? Seperti yang saya tuliskan pada tabel, anda harus mengganti karakter-karakter perintah yang ada dengan notasi penggantinya, jadi yang harus anda tuliskan pada postingan adalah seperti ini :

Untuk membuatnya cukup dengan hanya membubuhkan program di bawah ini :

<br/><br/> <code>
&lt;meta http-equiv="refresh" content="10"&gt;
<br/>
&lt;/meta&gt;
</code>

Pembubuhan perintah <code> dan </code> adalah untuk menandakan bahwa yang anda tulis adalah sebuah kode HTML, dan nantinya pun tulisan-tulisan yang berada dalam perintah ini akan tanpil beda dengan tulisan-tulisan yang lainnya, sebagai contoh silahkan anda lihat postingan saya yang lainya yang membubuhkan kode-kode HTML. pembubuhan perintah <br/> adalah untuk membuat tulisan berpindah kebawah, jika anda tidak membubuhkan perintah <br/> tadi, walaupun di posting-an anda tulis jauh kebawah, hasilnya akan tetap bersatu.

  Huh cape juga ya dari tadi kutak-ketik nih.., itu tadi cara yang pertama. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan text area. Cara membuat text area secara lengkap silahkan klik di sini. Sebagai contoh, untuk menuliskan kode-kode di atas, pada posting-an anda harus menuliskan seperti ini :

Untuk membuatnya cukup dengan hanya membubuhkan program di bawah ini :
<br/><br/>
<p align="left"><textarea name="code" rows="6" cols="400">
&lt;meta http-equiv="refresh" content="10"&gt; &lt;/meta&gt;</textarea></p>


Maka yang akan tampil di blog anda adalah seperti ini :

Untuk membuatnya cukup dengan hanya membubuhkan program di bawah ini :



mudah bukan? selamat mencoba dan berkarya.

oupss... saya lupa kawan, untuk memposting seperti yang saya jelaskan dia atas, anda harus pada posisi Edit HTML jangan pada posisi compose.

oke kawan, untuk yang kedua kalinya...selamat mencoba.



Description: Kode HTML tampil di posting-an, Rating: 5

Reviewer: Rohman, ItemReviewed: Kode HTML tampil di posting-an

0 komentar pada Kode HTML tampil di posting-an :

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.